Sabtu, 05 Oktober 2013

Pentingnya berbahasa yang baik dan benar dalam dunia Sistem Informasi

         Sebelum saya mengulas tentang pentingnya berbahasa yang baik dan benar dalam dunia Sistem Informasi, alangkah baiknya kita mengetahui apa pengertian dari Bahasa itu sendiri.Bahasa adalah sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya. Bahasa sendiri berfungsi sebagai sarana komunikasi serta sebagai sarana integrasi dan adaptasi. Ada beberapa pengertian Bahasa menurut para Ahli yaitu :
  • Bill Adams : Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif
  • Wittgenstein : Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis
  • Ferdinand De Saussure : Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain
  • Plato : Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut
  • Bloch & Trager : Bahasa adalah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.
  • Carrol : Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia
  • Sudaryono : Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.
  • Saussure : Bahasa adalah objek dari semiologi
  • Mc. Carthy : Bahasa adalah praktik yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir
  • William A. Haviland : Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.
          Mengapa Bahasa itu sangat penting dalam dunia Sistem Informasi? sebenarnya bukan hanya di dalam dunia Sistem Informasi saja tetapi di semua bidang. mungkin di sini saya akan menjelaskan menurut pendapat saya sendiri. menurut saya Bahasa itu adalah sebuah alat komunikasi. Bahasa dapat mencerminkan pribadi seseorang, apabila orang tersebut menggunakan bahasa yang baik dan santun itu menunjukan pribadi yang baik, berbudi serta santun karena kita dapat menilai seseorang dari tutur kata yang ia katakan begitu pun sebaliknya jika dalam keseharian nya dia menggunakan bahasa yang tidak baik dan tidak sopan maka kita juga dapat menilai dari kata-kata yang ia keluarkan. Bahasa juga dapat menjadi alat kekerasan yang dapat menyakiti seseorang lewat tutur kata yang kita keluarkan yaitu memaki, mengatakan perkataan kasar dan untuk kalangan anak-anak masa kini sepertinya itu hal yang wajar. lingkungan dan pergaulan dapat mempengaruhi tata cara berbahasa kita. apabila kita bisa bergaul dengan orang yang menggunakan bahasa yang baik dan benar maka kita akan terbawa ke dalam sisi positifnya tapi kalau kita bergaul dengan orang yang buruk dalam berbahasa bisa-bisa kita dapat terjerumus ke dalam nya. di dalam dunia sistem informasi pun hal itu sangat mempengaruhi di antara nya :

  • kita ingin menjalin kerjasama dengan perusahaan yang terkenal di bidang sistem informasi jika kita berbahasa yang baik dan benar maka perusahaan tersebut akan percaya terhadap kinerja kita.
  • dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan lebih mudah di pahami oleh setiap manusia.
          Kita tahu bahwa kalangan remaja saat ini banyak yang sudah tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar, tapi selama kita tahu dan mengerti bahasa apa yang harus di gunakan saat berbicara dengan teman, orang yang lebih tua atau orang yang lebih muda itu tidak menjadi masalah.

Jadi, kesimpulan dari seluruh artikel ini yaitu bahasa adalah sebuah alat komunikasi antar manusia, kita dapat mengetahui pribadi seseorang lewat cara dia berbahasa dan dapat menempatkan posisi kita. Bahasamu menggambarkan Pribadimu. jadi, jika ingin di lihat orang kamu berkepribadian yang baik, kamu harus menggunakan bahasa yang baik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar